Rabu, 18 November 2009

Apa komentar rekan kerja tentang Anda?

Banyak pertanyaan wawancara kerja yang mungkin ditanyakan, seperti "Apa komentar bos Anda yang dulu tentang Anda?" (bisa direspon dengan jawaban seperti, "Mereka bilang bahwa saya pekerja keras dan efisien, dan saya telah meninggalkan kesan yang mendalam bagi mereka"). Pertanyaan lain, "Orang bagaimana yang tidak Anda sukai sebagai rekan kerja?" (Anda bisa menjawab, "Saya enggan bekerja dengan seseorang yang tidak memiliki komitmen kepada perusahaan dan punya etos kerja yang rendah."

Pertanyaan di atas memungkinkan Anda menjelaskan kualitas diri Anda dan hal-hal yang paling Anda banggakan. Gunakan kata-kata dan kalimat yang positif, dan jika mungkin sesuaikan dengan pekerjaan yang Anda incar. Ciri-ciri positif seperti pekerja keras, dapat diandalkan, dapat dipercaya, semuanya merupakan nilai-nilai berharga yang dapat menjadi modal Anda ke lapangan kerja.

Siapkan satu atau dua kutipan dari rekan kerja. Misalnya, "Andri, rekan kerja di Studio Rama, sering mengatakan bahwa saya ialah pekerja paling keras yang pernah ia lihat." Kutipan seperti ini sama kuatnya bagaikan rekan kerja Anda tersebut ada disitu memberikan komentarnya secara langsung.

Hal-hal lain yang bisa Anda ungkapkan ialah bahwa Anda punya kemampuan manajemen, tahu bagaimana mengatur prioritas kerja, dedikasi, punya daya belajar yang tinggi, dan sebagainya. Tapi hal tersebut jangan sembarangan disebutkan, kecuali dilengkapi dengan contoh-contoh pendukung. Misalnya, jika Anda menyebutkan soal daya belajar yang tinggi, jelaskan bukti-bukti yang mendukung pernyataan itu.

Memang dibutuhkan persiapan matang untuk dapat menghadapi wawancara ini dengan baik. Tapi jangan salah paham, ini bukan semata soal tanya-jawab, tapi tentang komunikasi. Pada kenyataannya kesuksesan suatu wawancara kerja lebih tergantung pada jelasnya pesan dan kesan yang Anda berikan. Semua calon yang diwawancara akan berhasil bukan karena mereka memberikan jawaban yang cerdas, tapi karena mereka berhasil mengkomunikasikan jatidiri mereka kepada calon bos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar