Rabu, 18 November 2009

Apa yang Anda Ketahui tentang Perusahaan ini?

Mencari dan melamar kerja merupakan suatu proses yang panjang dan amatlah sulit untuk bisa sampai ke tahapan wawancara, maka jangan sia-siakan kesempatan ini. Jangan takut, anda hanya perlu persiapan. Belakangan ini, para bos sering menyiapkan pertanyaan yang telah dirancang dengan baik sebelumnya untuk membuka jatidiri Anda yang sebenarnya, tentang bagaimana Anda akan bersikap dan menangani situasi tertentu. Perusahaan ingin tahu tentang kemampuan dan rekam-jejak Anda, tak cuma tentang pengetahuan dan pengalaman kerja.

Jelas Anda perlu melakukan riset khusus sebelumnya tentang perusahaan yang Anda lamar ini. Alokasikan waktu untuk membaca dan mencari informasi tentang perusahaan. Cari tahu apa peran mereka selama ini dan apa yang sedang diwacanakan di masa depan. Hal ini berkaitan dengan sejauh mana pengetahuan Anda tentang perusahaan, yang juga erat kaitannya dengan minat Anda untuk bekerja disitu. Selidiki semua hal yang berhubungan dengan perusahaan, idealnya sejak berdirinya, hingga proyek-proyek terbaru dan hal-hal terbaru menyangkut produk, jasa, pembukaan cabang, dsb.

Maka untuk meresponnya, Anda mesti bicarakan tentang produk dan jasa perusahaan, sejarah dan kondisi perusahaan saat ini. Juga bicarakan tentang para ahli yang bekerja pada perusahaan. Apa isu terkini tentang perusahaan?

Wawancara kerja memungkinkan Anda sebagai calon karyawan mempelajari lebih dalam tentang perusahaan, tapi sekaligus juga memberikan kesempatan kepada Anda untuk menunjukkan pengetahuan Anda. Sebelum menuju wawancara, persiapan yang baik harus Anda lakukan meliputi aspek fisik dan mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar