Sabtu, 21 November 2009

Apa yang telah lakukan setahun terakhir ini untuk meningkatkan pengetahuan?

Saat melangkah menuju wawancara kerja, Anda mesti punya persiapan yang baik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. Dengan demikian Anda telah mempersiapkan jawaban-jawaban dan tak kan mudah menjadi bingung kala ditanya hal-hal yang belum terpikirkan sebelumnya. Banyak ketegangan dan kecemasan, tapi mengejutkan pula bahwa kegiatan ini dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Jika Anda "bermain" dengan baik maka wawancara kerja ini dapat digunakan untuk keuntungan Anda dan prosesnya akan berjalan lebih mudah daripada yang Anda kira.

Anda mungkin akan ditanya salahsatu pertanyaan yang biasa ditanyakan berikut ini, "apa yang telah Anda lakukan setahun terakhir ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian Anda?". Menjawab hal ini, Anda mestinya bicara tentang kegiatan peningkatan diri yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Anda dapat pula menyebutkan tentang buku-buku yang telah Anda baca, seminar yang Anda hadiri, serta kursus dan pelatihan-pelatihan yang Anda ikuti.

Apakah Anda Melamar Kerja di Tempat Lain?

Pertanyaan lain yang biasa ditanyakan ialah, "Apakah Anda melamar kerja di tempat lain?". Ini bisa jadi pertanyaan yang mengecoh. Jika Anda memang juga melamar kerja di tempat lain, maka anda tak usah berdusta, tapi pada saat yang bersamaan, jangan pula memberi kesan bahwa pihak pewawancara ini bukan merupakan prioritas utama. Jujurlah, tapi tak perlu alokasikan banyak waktu berbicara tentang hal ini. Tetap fokus pada pekerjaan yang Anda lamar dan apa yang dapat Anda kerjakan untuk kemajuan perusahaan. Abaikan hal-hal lainnya.

Mengapa Anda ingin Bekerja Di sini?

Ini artinya pewawancara ingin mengetahui apakah Anda memang telah berpikir dengan matang sebelumnya mengenai alasan ingin bergabung dengan perusahaan tersebut, lebih dari sekedar coba-coba atau memilih secara acak atau kebetulan. Apakah Anda sebagai pelamar kerja tertarik pada reputasi perusahaan, gaji yang menarik, atau lingkungan dan tantangan kerja? Para bos tak akan menyia-nyiakan para calon tenaga kerja yang telah bekerja keras untuk mencapai tujuan karir yang telah dicanangkan sebelumnya, khususnya orang-orang yang telah memiliki tujuan ingin bekerja di suatu perusahaan besar tertentu, Pertamina misalnya.

Jadi Anda dapat menjawab : saya ingin bekerja di perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan nilai-nilai yang saya anut, dengan kegiatan kerja yang menarik bagi saya, dan perusahaan ini bagi saya paling sesuai dengan kriteria tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar