Sabtu, 21 November 2009

Apakah Anda seorang pekerja tim?

Pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara dirancang untuk mencari tahu sifat-sifat Anda yang bertentangan, misalnya untuk menentukan apakah Anda seorang pemain tim yang senang bekerjasama dalam suatu tim kerja, atau apakah Anda lebih menyukai bekerja sendiri. Pewawancara juga ingin mengetahui, apakah Anda berkecenderungan untuk menjadi pemimpin atau sebaliknya, cenderung terbiasa menerima perintah.

Maka pertanyaan di atas sulit dijawab, karena dalam menjawab pertanyaan wawancara ini, Anda harus mempromosikan diri Anda sendiri dengan tetap menyatakan bahwa Anda ialah pekerja tim yang baik. Yang jelas, "Ya" ialah jawaban yang pasti karena perusahaan tak suka penyendiri maka meskipun Anda ingin duduk sendiri selama bekerja, Anda tetap harus memberi kesan bahwa Anda ialah pekerja tim yang baik, yang rajin berbagi (sharing) dan suka menolong orang lain.

Lebih dari sekedar jawaban, "ya", Anda harus melengkapinya dengan contoh konkrit. Jelaskan tentang pentingnya kerjasama tim dan bersikaplah terbuka terhadap keragaman latar belakang rekan kerja. Bicaralah tentang kekuatan kerjasama tim dibandingkan dengan kerja individual dengan memberi contoh hasil-hasil pekerjaan yang hanya dapat dilakukan secara tim. Anda juga dapat mengatakan bahwa Anda punya kelebihan dalam memotivasi rekan kerja.

Anda dapat jelaskan lebih jauh bagaimana anda memberi kontribusi pada tim, memberi teladan kepemimpinan dan menolong rekan kerja. Ini juga berkaitan erat dengan kemampuan Anda soal berurusan dengan orang-orang yang berbeda, bagaimana anda menyelesaikan konflik dengan rekan kerja dan dengan para pelanggan. Juga tentang kemampuan anda berkomunikasi yang meliputi aspek mendengar, berbicara, menulis dan membaca.

Pada titik pandang tertentu, mengatakan bahwa Anda ialah seorang pekerja tim sekaligus sebagai pemimpin, dapat menimbulkan keraguan. Jika Anda pemimpin, sanggupkah Anda kelak bekerja sebagai tim dengan rekan-rekan kerja lain? Sedangkan jika Anda pekerja tim, mampukah Anda berperan sebagai penanggungjawab jika suatu saat keadaan menuntut hal itu? "Ya" ialah jawaban ideal bagi kedua pertanyaan tersebut, namun Anda mesti bersiap dengan penjelasan lebih detil tentang bagaimana hal tersebut dapat dilakukan. Ada ungkapan, "a good leader is a good follower", moga demikian memang karakter Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar