Rabu, 18 November 2009

Berapa Gaji yang Anda Harapkan?

Persoalan paket kompensasi/gaji pasti muncul dalam wawancara kerja, dan ini merupakan salahsatu pertanyaan yang membingungkan dan sulit dijawab. Pastinya, tidak ada perusahaan yang akan mempekerjakan Anda jika tuntutan gaji Anda melebihi standar gaji yang telah ada di perusahaan. Jika itu yang terjadi maka Anda tidak akan mendapat tawaran pekerjaan. Pilihannya ialah, mungking Anda perlu mengalah atau Anda mundur dari proses melamar kerja tersebut.

Ini dapat menjadi suatu permainan yang sulit dan Anda mungkin akan kalah jika menjawab lebih dulu. Karenanya, pertanyaan di atas hendaknya tidak dijawab secara langsung. Melainkan, bisa dengan balik bertanya seperti ini, "Ini merupakan pertanyaan yang sulit, dapatkah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi kerja ini?". Seringnya, pewawancara akan menjawab hal ini. Andaipun tidak, maka Anda dapat mengatakan selanjutnya bahwa gaji yang Anda harapkan tergantung dari detil pekerjaan yang mesti dilakukan. Lalu Anda mesti menyiapkan kisaran gaji yang lebar.

Anda sebaiknya memang melakukan riset khusus sehingga punya gambaran yang jelas tentang standar gaji pada pekerjaan yang Anda incar, dan ini biasanya tergambar pada pasar kerja yang relatif jelas. Semakin Anda fleksibel dan terbuka untuk proses tawar menawar maka semakin kondusif wawancara kerja akan menuju deal yang diharapkan kedua pihak. Perhitungkan juga manfaat-manfaat lain yang mungkin diperoleh kedua pihak dari hubungan kerja yang kelak ada. Banyak keuntungan yang tidak berupa benda nyata seperti uang, tapi dapat menciptakan hubungan kerja yang saling menguntungkan.

Pertanyaan di atas memang termasuk sulit dijawab sehingga perlu persiapan yang baik sebelumnya. Semakin baik penelitian dan persiapan yang Anda lakukan sebelum wawancara, semakin baik pula hasil yang bisa diharapkan. Menyiapkan diri jauh hari sebelumnya adalah cara terbaik untuk meminimalkan kecemasan dan tekanan saat wawacara.

Wawancara memang suatu kegiatan yang bisa membuat setiap orang tegang. Anda perlu bersikap cerdik untuk bisa lolos di proses ini. Untungnya, hal ini bisa dipersiapkan sebelumnya. Ada materi khusus untuk pembelajaran wawancara ini, dan sejumlah pertanyaan merupakan pertanyaan baku yang hampir pasti ditanyakan pada setiap kegiatan wawancara. Anda perlu berlatih keras untuk dapat menikmati hasil manisnya kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar