Kamis, 12 November 2009

Menjawab Wawancara : apa pengalaman kerja Anda di bidang ini?

Menjawab pertanyaan di atas, bicaralah spesifikasi yang berkaitan dengan posisi kerja yang Anda lamar. Jika Anda tidak punya sedikit pun pengalaman di bidang ini, maka cobalah untuk memberikan jawaban yang paling dekat ke bidang kerja tersebut sambil memberikan kesan bahwa Anda amat antusias untuk menerima tantangan dan pembelajaran hal-hal baru.

Jika Anda memang telah memiliki pengalaman kerja yang dimaksud maka bersiaplah untuk menerima pertanyaan lanjutan yang lebih detil. Tetapi jika Anda tidak punya pengalaman sedikit pun, maka Anda bersiap menerima pertanyaan yang bersifat lebih umum.

Dalam menjawab pertanyaan ini, Anda perlu memaparkan skill dan pengalaman spesifik yang Anda miliki dan menyelaraskannya dengan deskripsi kerja untuk posisi yang Anda lamar. Anda perlu menunjukkan kepada calon bos itu bahwa Anda memenuhi kualifikasi dan memiliki skill yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan itu. Referensi pekerjaan sebelumnya dibutuhkan pada momen ini, karena itu Anda mesti menyajikan informasi yang akurat kepada pewawancara.

Patut diingat bahwa inilah kesempatan Anda untuk menggunakan hasil riset yang telah Anda lakukan sebelumnya tentang perusahaan yang Anda lamar. Analisa persyaratan pengetahuan, skill dan kemampuan yang dipersyaratkan dalam uraian tugas pekerjaan. Bersiaplah untuk menjalani training atau pendidikan tambahan.


Pada kasus tertentu, Anda mungkin samasekali tidak punya pengalaman kerja pada bidang kerja yang Anda lamar ini sebelumnya, maka Anda mendapat pertanyaan, bahwa mengapa Anda ingin bekerja disitu padahal tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya di bidang itu. Maka jawabannya ialah, bisa saja Anda bilang bahwa Anda memang belum tahu pasti mengapa,, tapi yang saya tahu perusahaan ini,,, (lengkapi dengan pengetahuan yang Anda miliki tentang perusahaan ini), betulkah pandangan saya tersebut? Jika Anda memang tahu alasan mengapa Anda ingin bekerja pada suatu perusahaan, biasanya ini berkaitan erat dengan salahsatu dari tiga hal berikut : faktor perusahaan (reputasi, bonafiditas, pertumbuhan usaha, dsb), faktor posisi (jenis, orientasi teknis, lingkup wewenang), atau faktor manusia (kecocokan pribadi). Bicaralah selalu dalam konteks apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan, bukan tentang apa yang dapat perusahaan berikan untuk Anda.

Anda memang harus bekerja keras mempersiapkan semua hal di atas dengan baik. Hal bagusnya ialah bahwa sekali Anda mempersiapkan hal di atas dengan benar, maka selanjutnya sudah tertanam menjadi bagian dari diri Anda. Dalam kesempatan wawancara berikutnya Anda hanya perlu untuk berimprovisasi dalam memberikan jawaban untuk menyesuaikan diri dengan pertanyaan yang diterima. Anda tidak perlu berlatih ulang persiapan ini, hanya perlu sedikit penyesuaian. Maka Anda pun akan makin tampil baik dalam wawancara dan jawaban pun akan mengalir berupa percakapan yang alami dan spontan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar