Sabtu, 21 November 2009

Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Pewawancara menanyakan hal ini karena mereka ingin melihat tingkat kepercayaan diri Anda. Jika Anda menjawab pertanyaan wawancara ini dengan cara fantastis maka Anda dapat kehilangan kesan yang telah diperoleh sebelumnya. Alasan lain dibalik pertanyaan ini ialah bahwa manusia menyukai kejutan. Para calon pekerja terkadang datang dengan jawaban-jawaban yang mengejutkan, dengan ini menjadi lebih mudah untuk mengenalinya. Bagaimana Anda harus mempersiapkan diri untuk pertanyaan ini?

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini ialah dengan meyakinkan si pewawancara dengan memberikan contoh keterampilan Anda dan bagaimana hal itu membuat Anda menjadi calon terbaik untuk menempati lowongan kerja yang ada. Tunjukkan bahwa Anda memiliki nilai khusus yang strategis yang membedakan Anda dengan rata-rata pelamar kerja yang ada, termasuk aset-aset yang Anda miliki yang cocok dengan kebutuhan perusahaan. Pilih skill dan pengalaman yang menunjukkan hal ini disertai contoh-contoh konkritnya.

Memberikan jawaban dengan membanggakan diri bukanlah ide yang bagus, namun sikap percaya diri terhadap kemampuan dan pengalaman Anda adalah amat penting untuk diperlihatkan dengan selayaknya (tidak berlebihan). Pertanyaan ini memang cukup sulit karena Anda harus memberi jawaban yang meyakinkan tapi tidak berkesan berlebihan. Uraian tugas (job description) dan penelitian sebelum wawancara yang Anda lakukan akan memperlihatkan kepada Anda tentang kebutuhan mereka. Maka Anda memang perlu waktu yang cukup untuk bisa memberikan jawaban yang memuaskan.

Amat penting untuk Anda ingat, bahwa andaipun Anda tidak ditanya "mengapa kami harus mempekerjakan Anda", sebenarnya inilah inti dari seluruh pertanyaan wawancara dan seluruh kegiatan wawancara. Wawancara kerja adalah kesempatan Anda untuk mempromosikan keterampilan, bakat dan pengalaman Anda. Maka sebelum menjalani wawancara kerja berikutnya berlatihlah "teknik penjualan" dan siapkan diri Anda bak seorang profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar